Blog Pembersih Pendingin Ruangan Yang Sederhana Dan Efektif

Pembersih Pendingin Ruangan Yang Sederhana Dan Efektif

Pembersih AC Yang Sederhana Dan Efektif

Sangat penting untuk membersihkan Air Conditioner (AC) untuk menjaga kualitas udara yang baik di dalam ruangan. Komponen yang paling sering kotor adalah filter AC, yang dirancang untuk menangkap debu, polutan lainnya seperti serbuk sari dan bakteri. Jika tidak dibersihkan secara teratur dapat menyumbat dan mengumpulkan kelembapan, menumpuk jamur, dan mengakibatkan fungsi Air Conditioner (AC) sulit bekerja untuk menggerakkan udara, serta dingin atau panas.

Fungsi dan umur Air Conditioner (AC) dapat maksimal dengan memperhatikan cara pemeliharaan dan perawatan unit indoor dan outdoor Air Conditioner (AC) setiap 3 – 4 bulan, idealnya rutin mencuci filter dan penutup AC setiap 1 bulan sekali, tergantung pada pemakaian juga. Cara mengetahui kapan harus membersihkan Air Conditioner (AC), yang pertama kotoran terlihat di bukaan Air Conditioner (AC). Apabila ada titik – titik hitam pertanda adanya penumpukan jamur atau lumut di dalam AC. Yang kedua, terlihat air menetes dari Air Conditioner (AC) menandakan filter AC kotor membuat udara tidak dapat lewat dengan baik akibatnya air pun dapat menetes dari AC.

Pembersihan Air Conditioner (AC) dapat dilakukan sendiri secara konvensional atau menggunakan jasa service AC yang saat ini banyak tersedia.

Beberapa tips yang bisa diterapkan saat membersihkan Air Conditioner (AC) sendiri di rumah :

  1. Membuka penutup AC
    Sebelum memulai pembersihan, wajib mematikan AC dengan mencabut semua aliran listriknya. Secara perlahan dan hati-hati, buka penutup AC dengan menggunakan obeng. Membersihkan dengan lap yang lembab mengandung cairan AC Cleaner, untuk membersihkan debu dan jamur yang membandel.
  2. Membersihkan filter AC
    Saat penutup AC terbuka, akan terlihat filter AC. Pastikan mengecek apakah ada kerusakan di bagian filter AC, apabila terlihat sobek segera buang dan ganti dengan filter yang baru. Filter dapat dibersihkan dari debu-debu yang menumpuk dengan melepas filter dari AC, kemudian direndam. Saat merendam filter, sebaiknya menggunakan AC Cleaner yang khusus untuk membunuh jamur, bakteri yang bersarang di filter. Setelah direndam beberapa saat sambil digosok dengan lembut agar tidak merusak filter. Kemudian filter dikeringkan.
  3. Bersihkan AC bagian dalam lainnya
    Menggunakan kain lap kering untuk membersihkan kisi-kisi evaporator AC dam bagian dalam lainnya dari debu dan kotoran.
  4. Memasang kembali filter AC dan penutup AC
    Pastikan filter sudah benar-benar bersih dan kering sebelum dipasang untuk mencegah area filter AC menjadi tempat jamur berkembang biak.

Perawatan pembersihan secara menyeluruh indoor dan outdoor unit Air Conditioner (AC), sebaiknya dibersihkan oleh tenaga profesional supaya lebih aman.

Proses pembersihan tersebut tentunya tidak lepas dari penggunaan produk AC Cleaner khusus yang diformulasikan untuk aplikasi pembersihan sistem HVAC. AC Cleaner merupakan pembersih khusus yang biasa digunakan ketika membersihkan filter AC, sekat aluminium pada sistem pendingin, membersihkan ventilasi udara atau kisi-kisi evaporator, sehingga dapat menghilangkan debu, kuman, jamur dan bakteri pada sistem HVAC.

Gelair Air Treatment telah terbukti sebagai produk AC Cleaner yang SIMPLE dan EFEKTIF membersihkan sistem HVAC. Formulasi Gelair menggunakan Tea Tree Essential Oil yang telah teruji memiliki aktivitas ANTIBAKTERI termasuk terhadap bakteri Golden Staph (Staphylococcus aureus) untuk strain yang resisten terhadap Methicilin (MRSA), dan bakteri Legionella, juga sebagai ANTIVIRUS dan ANTIJAMUR.

Sampel larutan Gelair diuji dengan TÜV SÜD PSB untuk aktivitas bakterisida dan fungisida sesuai dengan standar BS:EN 1040:200.

Effectivity of Gelair

Aplikasi produk Gelair sebagai AC Cleaner :

  1. Gelair Coil & Duct Solution yaitu produk cairan pembersih khusus pada Air Conditioner (AC), untuk membersihkan kotoran, debu, jamur yang terlihat mata
  2. Gelair Block yaitu gel padat yang diletakkan pada sistem Air Conditioner (AC). Setelah AC dibersihkan, Gelair Block melepaskan konsentrasi spesifik uap Tea Tree Oil melawan virus dan bakteri yang tidak kasat mata menjangkau ke seluruh ruangan.

Cegah jamur datang kembali dengan AC Cleaner Gelair Air Treatment!