Blog Menjaga Kebersihan Sistem HVAC Menunjang Kesehatan

Menjaga Kebersihan Sistem HVAC Menunjang Kesehatan

Menjaga Kebersihan HVAC

Air Conditioner (AC) merupakan salah satu peralatan elektronik yang memiliki kegunaan mengatur suhu suatu ruangan, mengatur kelembapan serta mengatur kebersihan dan kualitas udara. Pengaturan suhu ini umumnya berfungsi untuk membuat ruangan menjadi lebih dingin atau sejuk, sehingga ruangan terasa nyaman. Namun AC ternyata juga dapat difungsikan sebagai penghangat ruangan saat dibutuhkan.

Penggunaan AC menyumbang sekitar 20% dari total energi yang dikonsumsi dalam rumah tangga di Indonesia. Hal ini sangatlah wajar mengingat Indonesia merupakan negara beriklim tropis dengan udara yang panas. Selain menjadi solusi mendinginkan ruangan, AC juga dapat dimanfaatkan untuk menunjang kesehatan yaitu:

  1. Menghindari dehidrasi.

    Dehidrasi disebabkan oleh suhu panas yang berlebih, kemudian ketika berkeringat, cairan tubuh pun akan berkurang. Penggunaan AC ini akan mengurangi resiko terkena dehidrasi karena AC menghilangkan suhu panas sebagai penyebab keringat.

  2. Mengatasi heatstroke.

    Ketika mengalami heatstroke, tubuh akan terasa sangat panas, bahkan merasa akan pingsan karena tubuh terpapar suhu yang panas dalam jangka waktu lama. Dalam kondisi ini, AC bisa menjadi salah satu solusi untuk membantu menurunkan suhu tubuh. Dengan memanfaatkan udara dingin AC, suhu tubuh akan lebih cepat kembali normal.

  3. Mengatasi gangguan tidur.

    Penggunaan AC bisa membantu meningkatkan kualitas tidur, khususnya bagi mereka yang sering mengalami gangguan tidur. Namun, gunakanlah AC dengan bijak. Jangan menggunakan suhu terlalu rendah dan membuat ruangan menjadi sangat dingin. Sebab, hal itu justru akan membuat Anda sering terbangun karena kedinginan.

  4. Mencegah gangguan pernapasan, asma dan alergi.

    Manfaat AC lainnya adalah mengurangi risiko terkena gangguan pernapasan, asma dan alergi, terutama jika Anda tinggal di daerah yang berdebu, lembab dan dengan tingkat polusi tinggi. Sebab, AC dilengkapi dengan penyaring udara untuk menyaring polusi dan bakteri.

  5. Menjaga suhu ruang untuk bayi.

    Bayi yang baru lahir belum bisa menyesuaikan suhu tubuhnya dengan baik. AC berfungsi menjaga suhu tubuh bayi agar tetap stabil, membuat tidurnya lebih nyaman, dan mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak, dehidrasi, ruam kulit, maupun heatstroke.

  6. Meningkatkan produktivitas.

    Kondisi panas mengakibatkan seseorang cepat kelelahan dan stress , sehingga tidak bisa berpikir jernih. Sebaliknya, ruangan yang sejuk memberikan kenyamanan, sehingga seseorang akan cenderung bekerja atau beraktivitas dengan hati dan pikiran yang nyaman.

  7. Menurunkan risiko penyakit jantung.

    Dalam sebuah penelitian yang dilakukan, terungkap bahwa penggunaan AC ternyata bisa bermanfaat untuk menurunkan risiko komplikasi penyakit jantung. Hal ini dikarenakan penggunaan AC akan mempengaruhi kebersihan udara dan suhu panas berlebih. Jika seseorang tinggal di daerah dengan kelembapan tinggi, ditambah dengan suhu udara yang panas di siang hari. Kondisi ini membuat kualitas nafas menjadi berkurang, menyebabkan stres pada jantung dan fungsi kardiovaskular, sehingga meningkatkan risiko jantung.

Melihat begitu banyaknya manfaat AC yang dapat menunjang kesehatan, maka sangat penting menjaga kebersihan sistem HVAC secara rutin. Kebersihan sistem HVAC mempengaruhi kualitas udara dalam ruangan, sehingga mencegah datangnya suatu penyakit yang bisa menyebar melalui udara.

Bagaimana cara menjaga kebersihan AC dengan baik ?

  1. Membersihkan filter udara dan komponen lainnya.

    Seiring waktu di dalam AC dapat bersarang berbagai jenis mikroba, jamur dan bakteri serta debu, kotoran, yang mengunci filter udara AC, yang dapat menjadi penyebab berbagai alergi dan penyakit. Komponen filter ini juga sangat penting dalam mendukung kinerja AC dan menjaga agar sirkulasi udara tetap lancar. Jika filter udara AC dan komponen lainnya kotor, kemungkinan besar sirkulasi udara akan terhambat, kinerja AC menurun, dan berisiko menyebabkan penyakit akibat penumpukan kotoran.

  2. Menggunakan produk pembersih yang tepat.

    Jika Anda rutin melakukan pembersihan HVAC dengan menggunakan air saja, maka hanya sebentar saja mikroba akan muncul kembali. Gunakan produk pembersih yang memiliki kandungan bukan hanya dapat membersihkan namun dapat mencegah pertumbuhan jamur, bakteri dan mikroba yang terdapat pada sistem HVAC.

Gelair Coil and Duct Cleaner dirancang khusus untuk digunakan dalam sistem HVAC untuk membersihkan dan mensterilkan coil dan duct AC. Gelair Coil and Duct Cleaner membunuh jamur dan bakteri dan secara khusus diformulasikan untuk menempel pada permukaan untuk memastikan tindakan efektif lebih lama pada permukaan yang sulit dijangkau.

Dipadukan dengan Gelair Block yang diletakkan padda sistem HVAC, sehingga memberikan kualitas udara yang CLEAN dan FRESH secara menyeluruh ke seluruh ruangan.

Produk GELAIR adalah cara paling SIMPLE dan EFFECTIVE untuk menghentikan jamur dan bakteri yang memenuhi AC dan udara dalam ruangannya. GELAIR menggunakan bahan alami Tea Tree Oil sebagai agen anti mikroba dan anti jamur spektrum luas yang kuat, membunuh jamur dan bakteri (termasuk Legionella) dan menghentikan replikasi virus (termasuk HSV & H1N1).

Kesehatan Anda adalah prioritas. Tetap sehat bersama GELAIR !