Blog Pentingnya Perawatan Kualitas Udara Di Dalam Kapal

Pentingnya Perawatan Kualitas Udara Di Dalam Kapal

Pentingnya Kualitas Udara Di Kapal

Kapal laut adalah salah satu tranportasi laut yang sering digunakan, khususnya untuk perjalanan jarak jauh antar pulau, negara ataupun benua. Perjalanan yang ditempuh kapal laut akan memakan waktu berhari-hari, maka dari itu sebuah kapal laut haruslah memiliki tingkat kenyamanan yang baik . Salah satu kenyaman yang harus diperhatikan adalah kenyamanan temperatur di dalam kapal. Kenyamanan yang diberikan kepada penumpang dan awak kapal sangat diperhatikan mulai dari kebisingan. vibrasi dan kenyamanan berupa pengaturan udara.

Kenyamanan termal adalah suatu kepuasan pikiran yang dialami manusia terhadap kondisi temperatur di lingkungan sekitarnya. Faktor-faktor yang mempengaruhi kenyamanan termal yaitu temperatur udara, temperatur radiant, kelembaban udara, kecepatan angin, insulasi pakaian, serta aktivitas. Temperatur udara merupakan salah satu faktor yang paling dominan dalam menentukan kenyamanan termal.

Temperatur udara di laut biasanya begitu tinggi dan panas oleh karena itu sistem HVAC di kapal laut haruslah di desain dan di rawat sebaik mungkin.

Secara umum HVAC pada kapal digunakan untuk :

  1. Menjaga penumpang kapal dan (awak kapal) tetap sehat secara fisik maupun mental
  2. Menyediakan temperatur lingkungan yang sesuai dengan kriteria kerja peralatan (equipment)
  3. Menyediakan temperatur lingkungan yg sesuai untuk menjaga barang berbahaya seperti amunisi pada kapal Naval
  4. Menjaga (mengawetkan) produk-produk yang mudah busuk untuk kebutuhan store supplies dan cargo
  5. Mencegah kontaminasi dari bahan beracun (noxious) dan mudah meledak. Berdasarkan Marine Engineering Handbook kapasitas pengkondisian udara yang umum digunakan untuk kapal yaitu antara 5000 cfm sampai 8000 cfm.

Sistem HVAC dirancang untuk kenyamanan dan kesehatan operator, awak kapal, penumpangnya, dan suplai untuk kebutuhan udara di kamar mesin. Sistem ini dibuat dengan berbagai pertimbangan antara lain : jumlah manusia yang ada di kapal, panas yang dikeluarkan oleh berbagai equipment kapal lainnya, asesibilitas untuk keperluan maintenance & repairment.

Pada perencanaan sistem HVAC di kapal harus mengikuti aturan-aturan yang berlaku misalnya ISO 7547 mengenai ” Ships And Marine Technology–Air Conditioning And Ventilation Of Accomodation Spacedesaign Conditioning And Basis Of Calculation”. Secara umum sistem harus dirancang untuk kondisi udara dengan spesifikasi pada musim panas dengan temperatur dan kelembaban udara dari lingkungan +35⁰C dan 70% . Kemudian dengan kondisi udara dalam ruangan +27⁰C dan 50%. Udara segar dari luar sudah ditentukan bahwa jumlah minimum harus tidak kurang dari 40% dari total suplai udara yang dibutuhkan.

Beberapa kelembapan jelas terjadi karena kapal dikelilingi oleh dan di atas air. Namun kelembapan yang berlebihan berarti sistem ventilasi tidak mampu mengimbangi. Mengakibatkan penumpukan kelembapan di AHU tidak dapat dihindari dan dengan masalah kondensasi.

Kelembapan ini merupakan lingkungan yang sempurna untuk pertumbuhan dan penumpukan jamur dan bakteri, apalagi karena dapat tumbuh di tempat-tempat yang sulit dijangkau/dibersihkan. Jika jamur dan bakteri ini tumbuh di bagian luar sistem HVAC, mereka dapat dibersihkan. Tapi bagaimana dengan semua bakteri yang tidak bisa di lihat kasat mata ?

Gelair Air Treatment menggunakan matriks gel yang diformulasikan secara khusus yang ditempatkan di Air Handling Unit (AHU), di mana Gelair melepaskan konsentrasi spesifik uap Tea Tree Oil Australia pada saat aliran udara dari AC bersentuhan dengan permukaan Gelair hingga ke tempat yang sulit dijangkau ke seluruh sistem HVAC.

Gelair Placement In AHU

Formulasi Gelair Air Treatment mengandung Tea Tree Oil (minyak esesial alami 100%) dan komponen lainnya yang dapat mempengaruhi morfologi dan struktur miselium pada jamur, merusak dinding sel dan membran sel jamur serta mengubah komposisi asam lemak jamur sehingga telah terbukti efektif sebagai antijamur dan anti antibakteri.

Sampel larutan Gelair diuji dengan TÜV SÜD PSB untuk aktivitas bakterisida dan fungisida sesuai dengan standar BS:EN 1040:200.

Effectivity of Gelair

Gelair Air Treatment adalah pilihan perawatan terbaik yang mengelola seluruh sistem HVAC. Tidak hanya merawat udara yang melewati sistem, tetapi juga merawat AHU, saluran dan difuser.

Treatment Option Air AHU & Condensate Tray Ducts Diffusers & Occupant Zone
Gelair
UV Technology
Silver Ion Filters

Manfaat Gelair Air Treatment :

  1. Membunuh jamur
  2. Membunuh bakteri (termasuk Legionella)
  3. Membunuh virus (termasuk HSV & menghambat siklus replikasi H1N1)
  4. Meningkatkan kualitas udara dalam ruangan (misalnya untuk penilaian Green Mark atau untuk mengurangi Sick Building Syndrome)
  5. Mudah dipasang dan tanpa perawatan
  6. Membunuh bakteri penyebab bau bukan hanya menutupi bau
  7. 100% alami
  8. Tidak ada masalah resistensi bakteri
  9. Rawat seluruh sistem AC dan zona penghuni
  10. Siklus perawatan rutin tanpa biaya operasional

Buktikan manfaatnya, dapatkan penawaran terbaik sekarang juga!