Blog Legionella : Penyebab Legionellosis dan Cara Pencegahannya

Legionella : Penyebab Legionellosis dan Cara Pencegahannya

Legionella Penyebab Legionellosis dan Cara Pencegahannya

Legionella adalah jenis bakteri yang dapat menyebabkan penyakit serius yang dikenal sebagai legionellosis. Meskipun infeksi ini jarang, namun bisa berakibat fatal jika tidak diobati dengan cepat. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang bakteri Legionella, gejala Legionellosis, serta cara efektif untuk mencegah penyebarannya.

Pengenalan singkat tentang bakteri Legionella
Legionella adalah genus bakteri gram-negatif yang umumnya ditemukan di lingkungan air, seperti air tawar dan air panas. Salah satu spesies yang paling dikenal dari genus ini adalah Legionella pneumophila, yang sering menjadi penyebab utama Legionellosis. Bakteri ini memiliki kemampuan untuk berkembang biak dalam sistem air yang lembap, seperti sistem penyediaan air, kolam renang, dan pancuran air.

Legionellosis : Gejala dan Resiko yang timbul
Legionellosis adalah penyakit yang dapat menyebabkan infeksi pernafasan ringan hingga berat. Gejala umumnya seperti, demam, batuk, sesak nafas, dan nyeri otot. Orang yang lebih rentan terhadap Legionellosis adalah, orang tua, perokok, dan individu dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Mengutip artikel Media Informasi Resmi Terkini Penyakit Infeksi Emergi Kemkes, FAQ Legionellosis update 10 Juni 2023. “Dari tahun 2010 – 2019 pernah dilaporkan beberapa kasus Leginellosis dari wisatawan mancanegara yang berwisata ke Bali dan Jawa Barat berdasarkan penemuan kasus dari negara asalnya, namun tidak dilaporkan adanya kematian. Pada 30 Mei 2023, telah dilaporkan 2 kasus konfirmasi pertama Legionellosis (WNI) di Kota Bandung, Jawa Barat.”

Cara Penularan Legionella
Legionella biasanya menyebar melalui udara yang terkontaminasi oleh partikel air (aerosol) yang mengandung bakteri. Ini dapat terjadi melalui sistem ventilasi, air mancur, kolam renang, atau pancuran air. Oleh karena itu, lingkungan yang mengandung tetesan air menjadi tempat potensial bagi Legionella untuk berkembang dan menyebabkan infeksi.

Sumber penularannya yaitu air dari sistem ventilasi di gedung besar, kondenser air conditioning (AC), uap dari bak mandi air panas yang tidak dibersihkan dengan benar, humidifier (pelembap udara), pusaran air spa, pancuran air, dan keran dapat terkontaminasi dengan bakteri Legionella sehingga dapat menularkan kepada manusia ketika aerosol dari sumber tersebut terhirup atau tertelan. Sampai saat ini belum ada kasus penyakit Legionellosis yang disebabkan adanya kontak fisik antar manusia (penderita dengan non-penderita).

Resiko terinfeksi penyakit ini dapat meningkat pada :

  1. Orang yang berusia 50 tahun ke atas
  2. Perokok atau pernah merokok, karena rentan terhadap semua jenis infeksi paru-paru
  3. Memiliki penyakit paru kronis (PPOK) atau kondisi serius lainnya seperti diabetes, kanker
  4. Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, akibat virus HIV, atau penggunaan obat yang melemahkan sistem kekebalan tubuh.
  5. Pernah menerima transplantasi organ

Selain itu, sering melakukan perjalanan juga dapat meningkatkan resiko terkena Legionellosis. Hal itu karena hotel, resort dan kapal pesiar seringkali memiliki sistem air yang besar dan kompleks, serta perangkat penghasil aerosol.

Cara mencegah penyakit ini dengan menerapkan pola hidup sehat, menjaga sistem kekebalan tubuh, hindari merokok, membersihkan saluran air dan udara tempat-tempat bakteri legionella hidup secara berkala. Tindakan pencegahan tidak sepenuhnya melindungi dari infeksi, namun resiko infeksi dan penularan dapat dikurangi.

Gelair Air Treatment meningkatkan kualitas udara dalam ruangan, dengan membunuh virus Legionella Pneumophila yang mengakibatkan penyakit Legionnaires. Gelair telah membantu memberikan solusi terbaik untuk membunuh jamur, bakteri dan virus yang menumpuk di gedung-gedung selama hampir 20 tahun dan menggunakan Tea Tree Oil murni terbaik Australia sebagai bahan utama di semua produk Gelair.

Dengan inovasi terkini, Gelair hadir sebagai solusi antiseptik udara yang efektif dalam memberantas virus dan bakteri, termasuk bakteri Legionella. Lindungi lingkungan Anda dengan keamanan maksimal, pilih Gelair sebagai mitra perlindungan udara terpercaya Anda! Pengenalan produk Gelair, silahkan klik link berikut : https://www.gelair.co.id/unduh