Blog Gelair Mencegah Penyebaran Influenza Di Rig Offshore

Gelair Mencegah Penyebaran Influenza Di Rig Offshore

Gelair Mencegah Penyebaran Influenza Di Rig Offshore

Rig Offshore adalah aktivitas yang dilakukan di perairan lepas pantai, yang melibatkan eksplorasi, pengeboran, atau pengelolaan sumber daya alam di lautan. Aktivitas offshore pengeboran minyak dan gas bumi di laut lepas memiliki tantangan dan risiko yang tinggi, namun juga memiliki manfaat ekonomi yang besar. Aktivitas ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian negara dan meningkatkan pasokan energi. Perusahaan yang melakukan kegiatan offshore pun harus memastikan dengan benar standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang aman, sehat dan nyaman serta mencegah kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

Meningkatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di kapal dan platform Rig Offshore salah satunya dengan menjaga Kualitas Udara Dalam Ruangan (Indoor Air Quality) yang baik. Lokasi kerja yang sulit di jangkau, cuaca yang tidak dapat diprediksi, ruangan yang terbatas, sirkulasi udara yang rendah, tentu saja akan menghasilkan area kerja yang tidak sehat apabila kualitas udara di dalamnya tidak dipelihara dengan baik, sehingga memungkinkan penyakit menyebar dengan mudah di antara crew.

Penyakit influenza adalah salah satu penyakit yang dapat menyebar dengan cepat karena jarak yang dekat. Infeksi virus dapat berpindah dari satu sisi ruangan ke sisi lain dengan cukup intens. Sehingga aliran udara dalam ruangan yang disebarkan melalui Air Conditioning (AC) sangat berpengaruh dalam penyebaran virus dalam ruangan. Flu membutuhkan waktu hanya beberapa hari untuk pulih dengan pengobatan yang tepat dan kenyamanan rumah adalah bagian dari proses pemulihannya. Tapi apa yang terjadi saat bekerja di lingkungan Rig Offshore atau di kapal ?

Tidak hanya kesehatan individu yang berisiko, tetapi seluruh crew juga. Kondisi ini dapat berdampak pada kinerja proyek di Rig Offshore tersebut, karena pekerja yang terinfeksi dapat menyebarkan penyakit ke seluruh crew. Gejala flu menyebabkan setiap tulang tubuh terasa sakit. Jika pekerja harus terbaring di tempat tidur, mereka tidak dapat menyelesaikan pekerjaan dan proyek berpotensi terhenti.

MLC 2006 merupakan konvensi pekerja internasional yang mengatur hak dan standar pelaut berstandar internasional yang terbentuk atas dasar tujuan untuk memberikan standar kualitas dan kesejahteraan yang layak bagi pelaut yang merupakan kunci utama dalam industri perkapalan.

Mengacu pada pedoman MLC 2006, B3.2 Ventilasi. Point 2. Sistem-sistem pengaturan udara, apakah terpusat atau individu, harus dirancang untuk : (a) memelihara udara pada suhu dan kelembaban yang relatif memuaskan dibandingkan kondisi udara luar, memastikan pertukaran udara yang memadai dalam semua ruang ber-AC, mempertimbangkan karakteristik kegiatan operasi di laut dan tidak menciptakan kebisingan atau vibrasi berlebihan; dan (b) memfasilitasi pembersihan dan disinfektasi guna mencegah dan mengontrol penyebaran penyakit.

Gelair Air Treatment diaplikasikan untuk memenuhi pedoman MLC 2006. Gelair Air Treatment adalah produk perawatan udara (Air Treatment) & pembersih udara (Air Cleaner) khusus pada sistem HVAC dengan banyak manfaat yang luarbiasa. Produk Gelair menggunakan Tea Tree Essensial Oil Australia sebagai antiseptik alami untuk memerangi dan mencegah berbagai jenis JAMUR, BAKTERI, VIRUS, terbukti efektif dalam mengendalikan Golden Staph (Staphylococcus aureus) untuk strain yang resisten terhadap Methicilin (MRSA) dan Vancomycin (VRSA). Gelair membantu meminimalisir penyebaran virus seperti influenza, H1N1, HSV-1 dan HSV-2 pada ruangan ber-AC.

Perawatan udara (Air Treatment) secara tepat dan berkesinambungan akan memberikan perlindungan kerja yang aman dan nyaman bagi tenaga kerja di Rig Offshore.

Pengenalan produk Gelair lebih lanjut, silahkan klik link berikut :

https://www.gelair.co.id/unduh